Thursday, February 25, 2016

Tips Mendapatkan IP Cum Laude Setiap Semester di Universitas Terbuka (UT)


Tentang UT:  
Universitas Terbuka, yang sering disingkat dengan UT, merupakan PTN ke-45 di Indonesia. Universitas ini diresmikan pertama kalinya oleh Presiden Soeharto pada tanggal 4 September 1984 (Keppres RI Nomor 41 Tahun 1984). Pada tahun 2015, UT telah memiliki 4 fakultas (FKIP, FEKON, FISIP, dan FMIPA) dengan 34 program studi yang meliputi: diploma, sarjana, dan magister. Dan untuk memperluas jangkauannya, 39 UPBJJ didirikan baik di dalam maupun luar negeri.
Situs resmi:  www.ut.ac.id

Tips Mendapatkan IP Cum Laude Setiap Semester di Universitas Terbuka (UT) – Kuliah di Universitas Terbuka memang menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Alasannya adalah saya (dan juga mahasiswa UT lainnya) dituntut untuk pandai dalam membagi waktu: kapan kerja dan kapan belajar. Sehingga di sini manajemen waktu merupakan hal krusial dalam keberhasilan studi di UT. Meski banyak yang mengatakan bahwa kuliah di UT itu susah – susah untuk mendapatkan IPK bagus – saya yakin, dengan perencanaan yang baik dan usaha yang maksimal, hasil yang memuaskan bisa diperoleh, mematahkan pemeo yang selama ini ada tentang UT: "Masuk gampang, keluar susah!".

Dan alhamdulillah... berkat usaha disertai do'a yang sungguh-sungguh dengan merealisasikan rencana yang telah saya rancang sebelumnya, akhirnya saya memperoleh hasil yang tidak mengecewakan selama tiga semester terakhir. Dari 18 mata kuliah yang telah saya tempuh, hanya ada dua grade B dan sisanya adalah A. Dan dari sinilah, banyak permintaan pertemanan dari social media (Facebook, WA, BBM, dll.) yang datang dari mahasiswa UT yang lain yang intinya menginginkan saya untuk membagikan tips bagaimana cara memperoleh IPK tersebut. Tak hanya itu, saya pula diundang oleh UPBJJ-UT Semarang untuk memberikan testimoni dengan topik yang sama pada saat Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) 2016.1 pada tanggal 20 dan 21 Februari 2016 kemarin.

Berpijak pada itu semua, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan strategi belajar serta kiat-kiat khusus guna memperoleh IPK bagus selama kuliah di UT. Strategi maupun kiat-kiat tersebut tak lain berangkat dari ikhtiar saya pribadi ketika belajar. Dan semoga dengan ini, banyak dari teman-teman UT termotivasi untuk belajar dan mendapatkan nilai seperti yang diharapkan. Berikut saya urai selengkapnya lewat power point yang saya presentasikan tatkala OSMB.




Jika ada yang ingin tanya-tanya seputar nilai, silakan menghubungi saya melalui kontak yang tersemat dalam kartu nama pada slide, dan jika ada yang berminat untuk mendownload power point di atas, silakan klik di sini. :D

30 comments:

  1. Terimakasih kang,,, udah di share triknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Khalim: Tips Mendapatkan Ip Cum Laude Setiap Semester Di Universitas Terbuka (Ut) >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Kang Khalim: Tips Mendapatkan Ip Cum Laude Setiap Semester Di Universitas Terbuka (Ut) >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Kang Khalim: Tips Mendapatkan Ip Cum Laude Setiap Semester Di Universitas Terbuka (Ut) >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK OW

      Delete
  2. trims ya, mas.. sangat bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
  3. Wah terperinci strateginya.
    Oh iya, untuk mahasiswa Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemah khususnya. Belajar menerjemahkan artikel, buku (selain BMP) atau paling tidak membaca-baca buku berbahasa Inggris rasanya sangat membantu juga untuk belajar. Terutama untuk membiasakan diri dengan UAS dari MK seperti English For Translation, Grammar Translation Exercise dan Translation 1-10. Mas sendiri strateginya bagaimana untuk menghadapi beberapa MK tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya, berlatih menerjemahkan se-natural mungkin. Setelah selesai menerjemahkan, saya akan membaca hasil terjemahan berulang-ulang untuk memastikan tingkat kewajaran. Dan bila perlu, saya akan meminta orang untuk membacanya. Di samping itu, saya juga berusaha mencocokkan kembali hasil terjemahan tersebut dengan teks asli agar tidak terjadi meaning loss. :D

      Delete
  4. Terima kasih atas tipsnya gan.. mampir di blog kami ya..

    http://s1perpusboyolali.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. The best moslem is the most advantageous one, ..
    Thx for such beneficial posting

    ReplyDelete
  6. thank you kang khalim, semoga saya bisa mengikuti jejak kesuksesan anda...

    ReplyDelete
  7. mantap kang tipsnya.. (y)
    makasih

    ReplyDelete
  8. Terimakasih tipsnya kang.. kalo boleh tau jurusan apaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jurusan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan... :D

      Delete
  9. Terima kasih banyak kang khalim sudah mau membagikan kiat2nya / trik2nya supaya ipk kita bagus.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih banyak kang khalim sudah mau membagikan kiat2nya / trik2nya supaya ipk kita bagus.

    ReplyDelete
  11. Sangat bermanfaat bagi saya mahasiswa semester 1 di UT. Makasih kak. Sering share ilmu lainnya juga yak hehe

    ReplyDelete
  12. Punten kang. Apa kiranya berlaku juga untuk saya yg mengambil jurusan fisip. Semntara, pada fisip hanya dilakukan ttm secara online.

    ReplyDelete
  13. Ya, berlaku juga untuk semuanya. Saya juga online lho, gak pake TTM (Tutorial Tatap Muka). Yang penting, niat dan yakin bisa! SEMANGAT! :D

    ReplyDelete
  14. Udah mau semster 10, tp ipk msh ttp 2.4 😭

    ReplyDelete
  15. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  16. Kang Khalim: Tips Mendapatkan Ip Cum Laude Setiap Semester Di Universitas Terbuka (Ut) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Kang Khalim: Tips Mendapatkan Ip Cum Laude Setiap Semester Di Universitas Terbuka (Ut) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Kang Khalim: Tips Mendapatkan Ip Cum Laude Setiap Semester Di Universitas Terbuka (Ut) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete