Friday, August 5, 2016

Juara 1 Diskusi Ilmiah dalam Disporseni UT 2016 di Surakarta


Disporseni (Diskusi Ilmiah, Pekan Olah Raga, dan Seni) adalah ajang pengembangan bakat dan minat sekaligus ajang silaturrahmi yang diperuntukkan bagi mahasiswa UT di seluruh Indonesia. Ajang ini biasa digelar tiga tahun sekali di lingkungan Universitas Terbuka (UT) dengan bertempat di suatu kota di mana UPBJJ-UT di kota tersebut menjadi tuan rumah acara. Dan tahun ini, UPBJJ-UT Surakarta terpilih sebagai penyelenggara setelah sebelumnya UPBJJ-UT Semarang menyelengarakannya pada tahun 2013. 
Dalam Disporseni UT Wilayah Tengah kali ini, tema yang diusung yaitu “Meningkatkan Sportivitas Untuk Menyongsong Institusi PTTJJ Berkelas Dunia”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27-30 Juli 2016, dengan mengambil tempat di Asrama Haji Donohudan, Surakarta. Pada acara akbar ini dihelat 8 cabang pertandingan dan perlombaan, yang meliputi Diskusi Ilmiah, Pewara/MC, IT, Bulutangkis, Tennis Meja, Catur, Nyanyi, dan Tari. Adapun UPBJJ yang mengikuti antara lain: 
1.   UPBJJ Jakarta
2.   UPBJJ Serang
3.   UPBJJ Bogor
4.   UPBJJ Bandung
5.   UPBJJ Purwokerto
6.   UPBJJ Semarang
7.   UPBJJ Surakarta
8.   UPBJJ Yogyakarta
9.   UPBJJ Pontianak
10.      UPBJJ Palangkaraya
11.      UPBJJ Banjarmasin
12.      UPBJJ Samarinda
13.      UPBJJ Tarakan
14.      UPBJJ Malang
15.      UPBJJ Jember
16.      UPBJJ Surabaya

Pada kesempatan ini, UPBJJ-UT Semarang menjuarai 2 cabang perlombaaan, yaitu:   
1. Diskusi Ilmiah, juara 1
2. Tennis Meja Tunggal Putri, juara 3 
Dengan diperolehnya juara 1 pada cabang Diskusi Ilmiah tersebut, saya (dan rekan se-tim) sebagai penyaji ingin berbagi materi yang kami bawakan kepada teman-teman semua, khususnya yang masih penasaran dengan materi tersebut (entah itu dari teman-teman mahasiswa atau dari sesama penyaji) dan kepada UT sendiri untuk kemudian ditindaklanjuti (jika memungkinkan). Sebab materi ini menawarkan sebuah inovasi yang baik sekali jika diimplentasikan ke dalam media pembelajaran UT.  
Dan berikut adalah materi yang kami presentasikan tatkala mengikuti cabang lomba ini. 
NOTE: untuk tampilan yang lebih baik, silakan mendownload materi pada link yang saya sertakan di bawah materi. :D 




No comments:

Post a Comment